Tujuh Spesies Kupu-kupu Terindah di Dunia

Tujuh Spesies Kupu-kupu Terindah di Dunia
January 12, 2018 Same Gonzales 2 Comments

Banyak spesies hewan dan serangga yang makin kesini makin sulit ditemui keberadaannya Akibat dari perubahan iklim yang lumayan ekstrim dan perilaku manusia yang terlalu mengeksploitasi alam, beberapa hewan, serangga dan tumbuhan pun seolah punah. Padahal hewan dan tumbuhan langka tersebut memiliki bentuk indah yang jarang dijumpai terhadap hewan manapun.

Di antara yang hilang tersebut, adalah spesies kupu-kupu cantik. Kupu-kupu dapat dikatakan sebagai karya seni tuhan dan alam, motifnya indah dan jangka waktu hidupnya terbatas. Kupu-kupu memang hanya dapat hidup dalam kurun waktu 2-3 bulan saja, setelahnya kupu-kupu akan mati. Siklus metamorfosis yang dimiliki oleh kupu-kupu membuatnya selalu ada meski dalam spesies yang berbeda.

Berikut ini adalah 7 spesies kupu-kupu cantik yang harus Anda tahu.

  1. Red Lacewing

Kupu-kupu jenis ini berada di daerah Filiphina, untungnya kupu-kupu ini bukan termasuk ke dalam kategri kupu-kupu yang akan punah, bahkan kupu-kupu red lacewing dapat dengan mudah ditemui di daerah India, China, Nepal dan tentu saja Indonesia. Melihat kupu-kupu maka seolah seperti melihat karya seni, corak, warna dan pola yang dimiliki red lacewing sangat indah.

  1. Purple Spotted Swallowtail

Kupu-kupu ini terancam punah, keberadaannya hanya dapat ditemui di Papu Nugini saja, itu pun di daerah dataran tingginya. Keindahannya akan membuat Anda terpukau, memang tak diragukan lagi kecantikan yang dimiliki kupu-kupu ini. Purple Spotted Swallowtail merupakan kupu-kupu yang berasal dari golongan keluarga Papilionade.

  1. Blue Morpho

Kupu-kupu ini memiliki sayap berwarna biru metalik, sangat keren dan memukau. Rata-rata orang di seluruh dunia menyukai warna biru, begitu juga dengan kupu-kupu ini, orang akan menyukai kupu-kupu in apabila melihatnya. Sayangnya keberadaan kupu-kupu ini sudah langka. Sayap yang dimiliki kupu-kupu ini memiliki lebar 8 inchi. Anda dapat menemukan kupu-kupu ini di Meksiko dan Amerika bagian Selatan dan tengah.

Blue Morpho Butterfly

  1. Leopard Lacewing

Leopard Lacewing memiliki sayap berwarna cerah dan corak yang mencolok dan warna yang cerah. Daerah Timur memang terkenal sebagai rumah kupu-kupu yang indah dan menarik. Kupu-kupu Leopard Lacewing dapat ditemukan di daerah China, India, Malaysia juga Singapura.

  1. Peacock Butterfly

Pernah melihat burung merak? Perhatikan setiap helai bulunya, warnanya mengkilap indah. Warna tersebut juga dimiliki oleh sayap kupu-kupu Peacock Butterfly. Kupu-kupu jenis ini dapat ditemukan di daerah Eropa dan Asia yang memiliki iklim sedang. Kupu-kupu bukan kupu-kupu besar, bentuknya kecil namun tetap saja indah dan menarik.

  1. Australia Painted Lady

Meski Benua Australia sebagian besar datarannya ditutupi oleh gurun, di sana terdapat satu spesies kupu-kupu yang sangat cantik dan menakjubkan, namanya adalah Australian Painted Lady. Kupu-kupu tersebut juga dapat ditemukan di daerah New Zealend. Kupu-kupu ini hidup bergerombol dan ketika tiba waktunya, mereka akan bermigrasi ke Selatan. Pemandangan kupu-kupu cantik yang terbang bersama-sama sungguh menakjubkan.

Baca Juga : Lima Fakta Unik Tentang Kupu-kupu

  1. Monarch Butterfly

Kupu-kupu Monarch Butterfly terdapat di Amerika Utara. Motif sayapnya seperti jeruk yang berpola hitam, lebar sayapnya kira-kira 4 inchi. Kupu-kupu ini juga terbang bergerombol ketika melakukan migrasi ke Selatan, saat musim panas tiba mereka kembali lagike Utara.

Itulah tadi 7 spesies kupu-kupu cantik dan beberapa di antaranya hampir punah akibat perubahan iklim dan pola hidup manusia. Bayangkan bila 10 tahun kemudian, generasi yang akan datang tidak dapat menjumpai keindahan kupu-kupu tersebut? Ayo jaga lingkungan.

2 People reacted on this

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *