Teknik Pelestarian Terbaru Spesies Kupu-Kupu Endemik Sumatra

Teknik Pelestarian Terbaru Spesies Kupu-Kupu Endemik Sumatra
February 2, 2018 Same Gonzales 0 Comments

butterfly-world – Kupu-kupu endemik Sumatra menjadi salah satu binatang yang saat ini dilindungi. Kawasan hutan di Sumatra memang luas, namun akses keluar-masuk warga negara lain di perbatasan Sumatra menyebabkan penjualan satwa dan binatang langka di Indonesia semakin marak terjadi. Upaya pelestarian memang seharusnya dilakukan, upaya-upaya ini berguna untuk menjaga agar jumlah spesies ini tidak berkurang karena penjualan secara ilegal.

Harga binatang dan satwa langka di luar negeri berada pada tingkat tinggi, artinya binatang-binatang langka masih menjadi buruan bagi kolektor hewan langka, entah itu untuk dipelihara ataupun sengaja dibunuh dan diawetkan untuk digunakan sebagai pajangan. Sama hal nya dengan kupu-kupu endemik Sumatra yang istimewa, banyak spesies yang bisa ditemukan di hutan-hutan hujan tropis Sumatra. Walaupun bukan binatang yang memiliki ukuran besar, namun apabila jumlah spesiesnya semakin lama semakin berkurang maka spesies tersebut bisa punah.

Tugas kita untuk menjaga agar spesies flora fauna di negara kita ini tidak mengalami kepunahan. Wilayah Sumatra memiliki 5 kabupaten, dari 5 kabupaten ini ada salah satunya yang digunakan sebagai tempat penangkaran kupu-kupu yang terbesar di Sumatra. Penangkaran kupu-kupu ini dikelola oleh pemerintah, tujuan awal penangkaran ini adalah untuk melindungi endemik kupu-kupu Sumatra yang jumlahnya sudah mulai berkurang.

Kabupaten Rokan Hulu adalah satu-satunya kabupaten di Sumatra yang memilik area penangkaran kupu-kupu terluas dengan jumlah spesies yang cukup banyak, ada sekitar 300 spesies kupu-kupu yang ditangkarkan di tempat ini. Banyaknya jumlah hutan hujan tropis di Sumatra menyebabkan jumlah spesies kupu-kupu disini cukup banyak. Kupu-kupu ternyata sudah lama menjadi binatang penghuni hutan Sumatra, habitat kupu-kupu yang umumnya menyukai tempat berbunga dan penuh dengan tanaman membuat kupu-kupu bisa tetap hidup dalam ekosistemnya.

Teknik Pelestarian Terbaru Spesies Kupu-Kupu Endemik Sumatra

Berbeda dengan spesies kupu-kupu di Jawa, kebanyakan kupu-kupu di daerah Sumatra memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil namun coraknya beragam. Ternyata tidak hanya Rokan Hulu yang menjadi tempat penangkaran kupu-kupu. Dari semua jumlah kabupaten, semuanya ternyata memiliki tempat penangkaran masing-masing. Hal ini menjadi salah satu langkah pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan habitat yang alami dan aman bagi spesies kupu-kupu istimewa khas dari Pulau Sumatra.

Penangkaran dianggap sebagai metode baru pelestarian kupu-kupu endemik Sumatra ini, jika sebelumnya pelesarian dilakukan dengan media sederhana maka sekarang ini penangkaran dilakukan di habitat asli dengan mendirikan rumah kaca yang akan melindungi kupu-kupu dari serangan predator. Di dalam rumah kaca ini disediakan berbagai macam jenis bunga sesuai dengan makanan masing-masing spesies.

Kupu-kupu adalah kekayaan fauna yang dimiliki oleh Indonesia, bukan hal yang asing ketika kita harus melakukan kegiatan pelestarian terhadap kupu-kupu yang mendekati kepunahan. Kupu-kupu bukan binatang buas yang menjadi incaran kolektor, bukan juga buaya yang bisa diambil kulitnya untuk dibuat produk. Namun kupu-kupu sangat berharga, terlebih ada sekitar 2.500 spesies kupu-kupu yang hidup di hutan-hutan Indonesia, kita boleh bangga karena jumlah ini jauh lebih banyak jika dibanding dengan negara lainnya.

Kupu-kupu hanyalah serangga, mengapa bisa disebut sebagai jenis dari serangga? Kupu-kupu masuk ke dalam ordo Lepidoptera yaitu serangga yang memiliki sayap dan sayap tersebut tertutup oleh sisik. Kupu-kupu sebagai bukti keanekaragaman hayati Indonesia tidak hanya bisa dinikmati oleh mata kita, mereka juga sama dengan manusia yang membutuhkan perlindungan ketika rumah mereka terancam hilang karena kebakaran.