Papilio Lamsacus Salah Satu Kupu-Kupu Endemik Di Pulau Jawa

Papilio Lamsacus Salah Satu Kupu-Kupu Endemik Di Pulau Jawa
January 26, 2018 Same Gonzales 0 Comments

Tahukah anda, papilio lamsacus adalah salah satu kupu-kupu endemik di pulau Jawa yang sudah punah. Spesies kupu-kupu di Indonesia memang banyak, ada sekitar 2.500 spesies kupu-kupu yang bisa ditemukan di Indonesia sedangkan di dunia ada sekitar 20.000 spesies kupu-kupu. Binatang satu ini memang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun warna dan coraknya menjadi pusat perhatian bagi siapapun orang yang melihatnya.

Indonesia memiiki banyak wilayah yang semuanya tertutup dengan hutan hujan tropis, sebagai salah satu negara dengan iklim tropis tentunya anda harus bangga karena Indonesia memiliki beragam jenis flora dan fauna yang tidak semuanya bisa ditemukan di dunia. Tidak disangka ternyata Indonesia memiliki satu jenis kupu-kupu yang sudah langka dan belum ditemukan hingga sekarang.

Papilio lamsacus merupakan nama latin dari spesies kupu-kupu endemik di Pulau Jawa ini. Menurut penilitian, spesies endemik pulau Jawa ini telah punah sekitar tahun 1949, cukup lama bukan? Bisa dikatakan kupu-kupu ini adalah kupu-kupu dengan usia yang paling tua apabila ia masih hidup. Sayangnya sampai sekarang tidak ada orang yang pernah melihat spesies ini lagi.

Papilio lamsacus merupakan spesies kupu-kupu yang memiliki habitat di pohon inang-inangan. Tumbuhan inang ini dipilih oleh kupu-kupu sebagai tempat untuk meletakkan telur-telurnya. Memang kupu-kupu lebih suka meletakkan telurnya di dedaunan, telur kupu-kupu akan mengalami proses metamorfosis atau proses perubahan dari telur menjadi kupu-kupu yang cantik.

Dalam proses ini, jika telur sudah mencapai usia tertentu maka akan berubah menjadi ulat. Ulat adalah salah satu spesies melata yang makanannya secara umum adalah daun-daun muda. Menjadi alasan yang masuk akal ketika spesies ini meletakkan telurnya di daun-daun, jadi apabila telurnya sudah menetas menjadi ulat-ulat maka mereka akan makan daun-daun tersebut. Sangat disayangkan ketika ternyata salah satu spesies binatang cantik ini punah.

Papilio Lamsacus di Jawa Barat

Bahkan generasi sekarang ini belum bisa mengetahui seperti apa bentuk papilio lamsacus secara spesifik. Kupu-kupu langka merupakan komoditi perdagangan dengan nilai yang cukup fantastis, bagaimana tidak? Harga satu ekor kupu-kupu langka dihargai hingga jutaan dolar, penjualan hewan ilegal menjadi salah satu penyebab jumlah spesies binatang endemik di Indonesia lama-kelamaan habis.

Penjualan binatang langka secara ilegal keluar negeri sudah lama dipraketekkan oleh beberapa orang yang berkepentingan. Sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaga kelestarian kupu-kupu di Indonesia khususnya di wilayah Pulau Jawa ini. Berbagai upaya dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah untuk tetap menjaga kehidupan alami spesies cantik ini. Pemerintah sendiri sudah mendirikan cagar alam, dimana ini adalah habitat asli yang biasa digunakan oleh kupu-kupu untuk hidup.

Namun ada proses pengamatan dan kontrol yang dilakukan oleh pemerintah agar perkembangan spesies kupu-kupu yang belum punah tetap terjaga. Masyarakat juga memiliki cara yang tidak kalah dengan pemerintah dalam menjaga kelestarian kupu-kupu endemik di Pulau Jawa. Di beberapa daerah di Pulau Jawa bisa kita temui kebun perlindungan kupu-kupu. Ini adalah tempat yang digunakan untuk mengembangbiakkan spesies kupu-kupu endemik Pulau Jawa dan beberapa spesies lainnya dengan sistem wisata edukasi.

Selain itu sebagai kawasan edukasi dan perlindungan kupu-kupu, beberapa kebun kupu-kupu (butterfly park) ini menunjukkan koleksi jenis kupu-kupu dari berbagai belahan dunia yang telah mati dan diawetkan. Semakin anda mengerti tentang habitat kupu-kupu semakin anda memiliki semangat untuk ikut melestarikannya.