Mengulas Kupu-Kupu Yang Berada Di Indonesia

Mengulas Kupu-Kupu Yang Berada Di Indonesia
January 12, 2018 Same Gonzales 0 Comments

Salah satu serangga yang paling populer adalah kupu-kupu. Siapa yang tidak mengenali serangga yang satu ini? Mulai dari anak-anak hingga orang tua pun tentu saja mengerti seperti apa bentuk fisik dari kupu-kupu. Hewan yang satu ini termasuk hewan dalam keluarga serangga bersayap sisik. Hewan ini tentu saja memiliki kemampuan untuk terbang karena memiliki sayap yang kuat. Bahkan, kupu-kupu ini cenderung dikenal justru karen sayapnya.

Ya, sayap dari kupu-kupu memiliki keindahan alami yang sangat menarik. Baik untuk sekadar menghiasi taman, hingga untuk diawetkan dan dijadikan pajangan. Berbicara keindahan kupu-kupu, di Indonesia ada banyak sekali spesiesnya. Menurut beberapa sumber, di Indonesia ada sebanyak kurang lebih 600 spesies. Jumlah yang sangat besar, bukan? Itupun barulah spesies yang dicatat di Jawa dan Bali.

Kupu-kupu di Indonesia memiliki jumlah spesies yang banyak karena memang cuaca yang sangat tepat. Cuaca tropis memang cuaca yang tepat untuk hewan serangga yang satu ini. Dan lagi, terdapat banyak sekali bunga yang tumbuh di negeri ini karena memang bunga menjadi makanan utama dari kupu-kupu. Tak heran, semakin lama akan semakin bertambah jumlah spesies dari serangga cantik ini lantaran adanya perkawinan silang.

Dari data yang ada, saat ini terdapat beberapa informasi penting terkait persebaran kupu-kupu di Indonesia. Ingin tahu seperti apa persebarannya?

Kupu-kupu di Manokwari

Persebaran kupu-kupu yang pertama dibahas adalah kupu-kupu di manokwari. Di sebuah taman wisata di Manokwari, Papua ini, terdapat kurang lebih sekitar 96 spesies. Bisa Anda bayangkan, kupu-kupu yang ada di Manokwari ini jumlahnya sangat banyak. Jumlah spesiesnya saja di taman wisata ini pun hampir berjumlah seratus spesies.

Kupu-kupu di Bantimurung

Tahukah Anda cagar alam bantimurung? Cagar alam yang terletak di Sulawesi Selatan ini memiliki jumlah kupu-kupu setidaknya sebanyak 64 spesies. Bahkan, di cagar alam ini juga ini masih terdapat 20 spesies kupu-kupu yang masih belum terdata dan juga teridentifikasi. Namun, bukan tidak mungkin data spesies di cagar alam ini akan terus bertambah.

Kupu-kupu di Gembira Loka

Di kebun binatang gembira loka, terdapat setidaknya  25 spesies kupu-kupu. Namun, angka ini hanya angka yang di data tahun 2002. Hampir bisa dipastikan di kebun binatang yang terletak di Yogyakarta ini sudah memiliki kupu-kupu dengan jumlah spesies yang lebih banyak lagi.

Kupu-kupu di IPB

Terdapat pula kupu-kupu di Kampus Darmaga IPB sebanyak 77 spesies. Data spesies ini terkumpul tahun 2007 sehingga tentu saja masih sangat dimungkinkan jumlah kupu-kupu yang ada di IPB ini sudah bertambah spesiesnya.

Kupu-kupu Wondama, Manokwari

Selain berada di sebuah taman wisata, terdapat pula pusat persebaran kupu-kupu yang ada di Teluk Wondama, Manokwari. Ya, disebuah teluk ini telah tercatat persebaran kupu-kupu sebanyak 95 spesies.

Kupu-kupu Gunung Tangkuban Perahu

Pada tahun 2009 telah tercatat sebanyak 28 spesies kupu-kupu yang ada di Gunung Tangkuban Perabu.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai persebaran kupu-kupu yang ada di Indonesia. Secara total, spesies kupu-kupu yang ada di Indonesia jumlahnya memang sangat banyak. Jumlah 600 spesies yang telah dikatakan tadi pun hanyalah yang sudah tercatat atau sudah teridentifikasi. Masih sangat dimungkinkan adanya spesies kupu-kupu lainnya yang masih belum terdata. Jika Anda berminat membidangi penelitian kupu-kupu, Anda pun bisa ikut berkontribusi untuk lebih menemukan spesies kupu-kupu baru yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Fungsi Kupu-kupu Dalam Ekosistem Alami

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *