Mengetahui Umur Hidup Kupu-kupu

January 12, 2018 Same Gonzales 1 Comments

Siapa yang menyangka serangga cantik bernama kupu-kupu mampu hidup dengan umur yang panjang? Ya, banyak orang yang tidak mempercayai adanya serangga yang mampu memiliki umur hidup panjang. Terlebih lagi untuk serangga terbang dan memiliki tubuh yang lemah. Termasuk juga kupu-kupu, hewan ini dinilai hanya memiliki umur yang singkat. Sebenarnya, kupu-kupu memang memiliki umur yang pendek untuk spesies tertentu. Namun, beberapa spesies lainnya memiliki umur yang sangat panjang.

Tahukah Anda berapa lama panjang umur dari kupu-kupu? Untuk lebih lengkapnya, simak terus artikel tentang umur kupu-kupu berikut ini.Banyak orang yang tidak tahu berapa panjang umur dari kupu-kupu. Pada intinya, umur kupu-kupu sangatlah beragam. Namun, jika dilihat dari metamorfosisnya maka tentu saja kupu-kupu tidak bisa terbilang singkat.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan seperti apa umur kupu-kupu secara lengkap:

Siklus hidup dimulai dari telur

Siklus hidup kupu-kupu dimulai dari fase telur. Jika fase ini terhitung sebagai umur kupu-kupu maka tentu saja hitungan proses dari telur hingga berubah ke fase selanjutnya maka pun juga akan mempengaruhi total umur dari kupu-kupu. Rata-rata, setelah terjadi perkawinan antara kupu-kupu jantan dan betina, telur akan diletakkan di daun sekitar 7 hari.

Fase ulat

Setelah melewati fase telor, lalu selanjutnya masuk ke fase ulat. Di fase ini, fisik kupu-kupu sangatlah tidak terlihat. Hewan yang terlihat nyata hanyalah bentuk ulat yang halus dan lunak. Umur dari ulat ini sekitar dua minggu lamanya hingga nantinya berubah menjadi pupa atau kepompong.

Fase kepompong

Di fase kepompong, kupu-kupu sudah mulai semakin dekat dengan kelahirannya. Pada fase ini selama sekitar 1 atau 2 minggu kepompong memproses pembentukan sayap. Sehingga, fasea kepompong ini sangatlah diperhitungkan sebagai umur kupu-kupu.

Kupu-kupu dewasa

Ketika telah keluar dari bungkusnya atau melewati masa kepompong, kupu-kupu siap terbang menghiasi dunia. Pada fase ini, kupu-kupu benar-benar hidup mencari makan dengan hinggap ke bunga untuk mencari nektar, atau juga mencari makanan lainnya. Dengan kemampuan terbang ini, kupu-kupu cukup mudah untuk mencari makan dan juga melakukan perkawinan. Menurut penelitian, umur dari kupu-kupu dewasa ini sangatlah beragam.

Baca Juga : Mengulas Kupu-Kupu Yang Berada Di Indonesia

Ada spesies kupu-kupu yang hanya hidup selama sekitar 1 minggu saja. Angka ini tentunya merupakan salah satu umur hewan yang sangat singkat. Selama 7 hari, kupu-kupu harus mencari makan, mencari pasangan, dan berkembangbiak. Namun, penelitian juga mengungkapkan bahwa ada pula jenis kupu-kupu yang mampu hidup hingga satu tahun lamanya. Kupu-kupu yang mampu hidup lama ini bahkan diketahui pula mampu bertelur lebih dari sekali dalam satu tahun.

Untuk kupu-kupu dewasa, mungkin semua orang tidak akan bingung untuk menentukan umur hidupnya. Tentunya umur kupu-kupu dihitung sejak keluar dari pupa atau kepompong hingga nantinya tidak bernyawa. Namun, sebenarnya ada pula pendapat yang mengatakan bahwa kupu-kupu juga telah dihitung umurnya ketika menetas dari telur atau ketika masuk ke fase ulat. Sehingga, umur kupu-kupu bisa dibilang sekitar 1 bulan untuk umur yang paling singkat.

Namun seperti yang dikatakan tadi, ada pula jenis spesies kupu-kupu yang memang hidup sangat lama. Adanya jenis kupu-kupu yang mampu hidup sekitar 1 tahun lamanya merupakan kupu-kupu yang hidup di daerah tropis. Contohnya saja seperti di Indonesia, banyak sekali spesies kupu-kupu yang ditemukan mampu hidup sangat lama.

 

1 people reacted on this

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *