Lima Fakta Unik Tentang Kupu-kupu

January 12, 2018 Same Gonzales 1 Comments

Kupu-kupu banyak disukai oleh orang-orang, anak kecil, remaja hingga orang tua menyukai kupu-kupu. Kupu-kupu memang tergolong ke dalam serangga, namun berbeda sebab kupu-kupu tidak mengganggu manusia. Keberadaannya justru menimbulkan kebahagiaan tersendiri akibat warna sayapnya yang indah. Tidak asing tentunya hewan kupu-kupu ini. Kupu-kupu malah menguntungkan tanaman lain karena ia membantu proses penyerbukan.

Ada beberapa fakta menarik dan unik yang dimiliki oleh serangga indah ini, berikut ulasannya.

  1. Sayapnya transparan

kupu-kupu transparan

Kupu dari jauh memang nampak memiliki warna yang mencolok dan indah, namun tahukah Anda bahwa sayap kupu-kupu itu sebenarnya transparan. Sayap tersebut terbentuk dari lapisan chitin atau protein yang kemudian membentuk rangkaian eksoskleton pada serangga. Jadilah sepasang sayap kupu-kupu. Anda juga harus tau bahwa sayap kupu-kupu diselimuti oleh ribuan sisik kecil yang memantulkan cahaya, itulah sebabnya sayap kupu-kupu mengkilap dan nampak ada sesuatu yang udar ketika Anda tak sengaja memegang sayapnya. Semakin tua umur kupu-kupu, maka akan semakin tipis sayap yang ia miliki.

  1. Mengambil makanan dengan kaki

Kupu-kupu mencicipi makanan dengan kaki. Di kaki-kaki kecil kupu-kupu terdapat reseptor yang membantunya untuk menemukan makanan, biasanya makanan menempel pada tanaman inang. Itulah sebabnya mengapa kupu-kupu akan terbang dari satu tanaman ke tanaman lainnya, hal itu ia lakukan untuk menemukan makanan yang ia cari. Kupu-kupu betina juga mencari tempat bertelur dengan kakinya, jaringan yang terdapat di belakang kaki seekor kupu-kupu memiliki jaringan chemoreceptor yang akan membantu untuk menemukan pasangan kimia yang cocok.

  1. Tidak dapat mengunyah makanan yang padat

Kupu-kupu hanya makan makanan cair atau bahkan hanya air saja, salah satunya adalah nektar dari bunga. Itulah sebabnya mengapa kupu-kupu sangat sering hinggap di tumbuhan berbunga, terlihat manis memang namun itu adalah cara kupu-kupu mencari makan. Sayangnya ada keunikan tersendiri dari kupu-kupu yakni ia tidak dapat mengunyah makanan padat. Bagian mulut kupu-kupu hanya didesain untuk menghisap saja. Sebuah proboscis yang menyerupai belalai pada kupu-kupu memiliki fungsi yang sama dengan sedotan, yakni alat minum kupu-kupu. Letaknya terdapat di bawah dagu.

  1. Kupu-kupu memiliki dua mulut

Kupu-kupu yang baru jadi atau yang baru keluar dari kepompong sebenarnya masih memiliki mulut yang terbagi menjadi 2 bagian. Itu adalah mulutnya yang lama semasa ia masih menjadi ulat dan mulut baru semasa ia menjadi kupu-kupu. Lalu mulut itu akan menyatu antara belalai dan mulut, namanya kemudian menjadi tubular.

Baca Juga : Proses Metamorfosis Kupu-kupu

  1. Mendapatkan minuman dari butiran lumpur

Kupu-kupu selain mendapatkan nutrisi dari nektar juga memerlukan mineral agar dapat hidup. Air juga bagian penting yang harus masuk ke dalam tubuh kupu-kupu. Beberapa kali kupu-kupu akan menyedot lumpur basah yang mengandung garam dan mineral, kebiasaan unik kupu-kupu tersebut dinamakan puddling. Kebiasaan ini lebih sering dilakukan oleh kupu-kupu jantan, sebab untuk pembentukan sperma dibutuhkan garam dan mineral yang banyak.

Itulah tadi beberapa fakta dan kebiasaan unik yang mungkin saja belum Anda ketahui. Jangan sembarangan memegang sayap kupu-kupu karena itu akan menyakiti serta membuat rusak sayap kupu-kupu. Kupu-kupu saat ini mengalami kelangkaan pada spesies tertentu, padahal spesies yang langka tersebut memiliki corak dan warna yang indah. Jarang dijumpai pada kupu-kupu lain masa kini. Kupu-kupu biasanya banyak ketika musim panas tiba, pada masa itu mereka kebanyakan akan terbang bergerombol dan menciptakan pemandangan yang bagus.

1 people reacted on this

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *