Jenis Kupu-Kupu Gajah Yang Terkenal Di Pulau Jawa

Jenis Kupu-Kupu Gajah Yang Terkenal Di Pulau Jawa
January 19, 2018 Same Gonzales 0 Comments

Apa saja ciri dan jenis kupu-kupu endemik atau yang sering disebut kupu-kupu gajah di pulau Jawa? Kupu-kupu merupakan salah satu binatang bersayap yang memiliki warna dan bentuk yang menarik. Kupu-kupu termasuk ke dalam jenis serangga, walaupun memiliki bentuk dan struktur tubuh yang berbeda dengan serangga lain namun beberapa bagian mengindikasikan bahwa kupu-kupu memang salah satu jenis serangga.

Kupu-kupuĀ  menjadi salah satu binatang yang memiliki proses metamorfosis sempurna, berawal dari telur hingga menjadi ulat dan kepompong kemudian menjadi kupu-kupu cantik pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Terkadang masa ini juga gagal karena pengaruh cuaca ataupun musim. Perkembangbiakan kupu-kupu tersebar di seluruh wilayah di dunia, khususnya wilayah dengan iklim tropis. Iklim tropis memang memiliki banyak keuntungan karena banyak spesies binatang yang bisa hidup pada zona ini.

Di wilayah tropis, ciri binatangnya berbeda dengan yang berada di daerah subtropis.hal yang sama juga terjadi dengan spesies kupu-kupu. Indonesia sebagai negara yang berada pada iklim tropis nyatanya memiliki beagam jenis atau spesies binatang, kupu-kupu termasuk yang memiliki jumlah spesies terbanyak.

Di Indonesia sendiri ada sekitar 2.500 spesies kupu-kupu dan tersebar dari wilayah Papua hingga ke Sumatra. Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa, ini menyebabkan indonesia memiliki iklim tropis dan cuaca yang hangat. Semakin mendekati garis khatulistiwa maka semakin beragam flora dan fauna di dalamnya.

Kecantikan Indonesia didukung karena adanya hutan hujan tropis yang dulunya adalah hutan terbesar di Asia Tenggara. Sebagian besar jumlah hutan di dunia terdapat di Indonesia, jenis pepohonan dan tanaman khas hutan hujan tropis di Indonesia juga beragam, hal inilah yang menyebabkan di Indonesia banyak spesies kupu-kupu. Persebaran endemik kupu-kupu terbagi kedalam tiga wilayah persebaran yang cukup luas yaitu pulau Jawa, Sumatra dan Bali.

Jenis Kupu-Kupu Gajah Yang Terkenal Di Pulau Jawa

Pulau Jawa memang tidak sebesar pulau-pulau lainnya, namun pulau Jawa menjadi pulau paling padat penduduknya dibandingkan dengan wilayah lain. Hal ini disebabkan karena pulau Jawa menjadi pusat ekonomi di Indonesia. Di pulau Jawa juga masih terdapat hutan-hutan yang alami, spesies kupu-kupu di pulau Jawa cukup terkenal, beberapa spesies kupu-kupu dunia tersebar di Pulau Jawa seperti kupu-kupu gajah dengan ciri-ciri memiliki ukuran tubuh dan sayap yang cukup besar dengan sayap berwarna oranye dan kuning yang cerah sehingga menarik perhatian orang yang melihatnya. Kupu-kupu ini adalah spesies kupu-kupu yang terbesar di Indonesia, panjang tubuhnya bisa mencapai 30 cm atau lebih.

Habitat kupu-kupu gajah sebenarnya adalah di hutan yang memiliki kelembaban yang tinggi. Jenis kupu-kupu ini menyukai lingkungan yang sedikit basah karena sayapnya yang kering maka ia membutuhkan udara yang lembab untuk menjaga kelembaban sayapnya. Selain kupu-kupu gajah, ada spesies lain yang mirip dan biasa disebut dengan nama latin troides helena. Spesies ini tersebar di seluruh wilayah pulau Jawa, ciri-cirinya hampir sama dengan kupu-kupu gajah.

Warna kuning menyala terdapat di bagian bawah sayapnya, ukuran tubuh dan sayap spesies kupu-kupu ini cukup besar. Kebanyakan spesies kupu-kupu di dunia hidup di daerah dengan iklim tropis. Karena Indonesia merupakan wilayah tropis maka tidak sulit untuk menemukan spesies kupu-kupu, hutan hujan tropis dengan beragam tanaman menjadi tempat favorit bagi beberapa jenis kupu-kupu. Ciri kupu-kupu endemik di pulau Jawa adalah spesies yang suka dengan lingkungan lembab, tinggal di daerah yang banyak tumbuh tanaman berbunga.