Fungsi Kupu-kupu Dalam Ekosistem Alami

Fungsi Kupu-kupu Dalam Ekosistem Alami
January 12, 2018 Same Gonzales 0 Comments

Sebagai serangga yang memiliki tubuh dan sayap yang cantik, kupu-kupu memiliki fungsi untuk keseimbangan alam. Ya, kupu-kupu tidak hanya sebagai hewan yang mempercantik dunia namun juga memiliki fungsi yang penting. Jika kupu-kupu tidak ada, bisa jadi di alam tidak berjalan ekosistem yang baik. Tahukah Anda seperti apa fungsi kupu-kupu untuk ekosistem alam?

Jika belum tahu, simak terus artikel ini hingga tuntas. Di sini akan diulas seperti apa saja fungsi kupu-kupu untuk ekosistem dan juga ada pula manfaat kupu-kupu lainnya.Dalam kehidupan hewan di alam, kupu-kupu memiliki peran yang cukup penting. Hal ini sering sekali tidak dimengerti oleh orang lain karena melihat kupu-kupu hanya sebagai hewan yang penuh keindahan.

Sebenarnya, ada peran penting dari kupu-kupu yang tidak bisa dianggap remeh. Agar lebih jelas, inilah dia penjelasannya untuk Anda:

Penyerbukan bunga

Fungsi utama dari adanya kupu-kupu pada keseimbangan alam adalah untuk penyerbukan bunga. Kita tahu bahwa bunga tidak bisa berkembangbiak atau penyerbukan sendiri tanpa ada bantuan dari hewan atau alam. Inilah dia salah satu contoh penting dari fungsi adanya kupu-kupu di alam. Para ahli menyebut hewan yang memiliki fungsi seperti ini sebagai hewan penyerbuk. Tentu saja kata penyerbuk berasal dari peran hewan terutama serangga yang memiliki fungsi bantuan terjadinya penyerbukan bunga.

Penyerbukan bunga dilakukan Kupu-kupu

Kelangsungan hidup tumbuhan

Tanpa adanya hewan serangga yang satu ini, maka bunga tidak bisa mengalami penyerbukan. Jika tidak bisa terjadi penyerbukan, maka bunga akan layu karena tidak dibuahi. Jika bunga tidak tumbuh maka tumbuhan tersebut bisa jadi tidak akan tumbuh lagi dan akan mempengaruhi alam. Dan ketika bumi telah gersang, maka akan banyak makhluk hidup yang akan mati. Dari penjelasan ini, sudahkah Anda paham fungsi utama dari kupu-kupu? Pastinya Anda menjadi sangat paham betapa pentingnya fungsi kupu-kupu untuk keseimbangan alam.

Menjadi makanan hewan lain

Seperti yang diketahui banyak orang, di alam terjadi yang namanya urutan makan dan di makan. Untuk rantai makanan, kupu-kupu tidaklah memakan hewan lain karena hanya mengambil nektar atau serbuk sari pada bunga. Namun, kupu-kupu ini menjadi bagian rantai makanan karena menjadi makanan bagi orang lain. Hewan lain yang menjadikan kupu-kupu sebagai makanan contohnya adalah cicak dan juga katak. Bisa juga, kupu-kupu menjadi makanan dari bunga pemakan serangga misalnya bunga raflesia arnoldi.

Baca Juga : Ulasan Perkembangbiakan Kupu-Kupu

Fungsi dan manfaat lainnya

Selain memiliki fungsi untuk keseimbangan alam, ada pula fungsi lain kupu-kupu yang juga penting untuk diketahui. Fungsi yang dimaksud contohnya adalah pemanfaatan buah busuk. Buah busuk yang hanya menjadi sampah merupakan makanan favorit dari kupu-kupu. Selain itu, ada juga manfaat lain yang juga berasal dari kupu-kupu. Misalnya, untuk hiasan atau pajangan ketika hewan ini telah diawetkan.

Itulah tadi ulasan yang terbilang singkat mengenai fungsi dari kupu-kupu. Sudahkah Anda memahaminya? Jadi, mulai sekarang janganlah Anda memandang kupu-kupu hanya sebagai hewan yang dipandang keindahannya saja. Pada fase sebelumnya khususnya pada fase ulat memang hewan ini dikenal sebagai hewan yang merugikan karena memakan banyak dedaunan.

Namun, ketika telah menjadi kepompong dan berubah menjadi kupu-kupu maka akan memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi kupu-kupu setelah diulik lebih dalam ternyata memang memiliki fungsi penting untuk keseimbangan alam dan kelanjutan hidup dari hewan dan tumbuhan lainnya.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *