Fakta Unik Kupu-kupu Lainnya Yang Harus Diketahui

Fakta Unik Kupu-kupu Lainnya Yang Harus Diketahui
January 12, 2018 Same Gonzales 0 Comments

Anda mungkin sangat familiar dengan kupu-kupu dan beberapa fakta unik dari serangga tersebut. Seperti bahwa kupu-kupu memiliki sayap yang transparan akibat dari bentukan protein yang ia miliki. Kupu-kupu juga ternyata memiliki belalai sebagai alat untuk dia makan. Fakta lainnya adalah bahwa kupu-kupu menghisap air dari butiran lumpur. Namun selain dari hal-hal tersebut, tahukah Anda bahwa kupu-kupu juga memiliki beragam fakta unik di luar fakta yang sudah disebutkan tadi?

Siapa yang tidak menyenangi kupu-kupu? Mulai dari anak kecil sampai dewasa semua menyukai kupu-kupu, berkat corak dan warna sayapnya yang indah itulah kupu-kupu mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat. Anda pun harus mengaku bahwa Anda juga pernah mengejar kupu-kupu sewaktu kecil dan merusakkan sayap yang dimilikinya, Anda harus tahu bahwa hal tersebut merupakan tindakan yang salah sebab akan merusak sayap si kupu-kupu.

Berikut ini adalah beberapa fakta kupu-kupu lainnya yang unik.

  1. Kupu-kupu tidak dapat terbang ketika dingin

Kupu-kupu tidak bisa mengntrol hawa atau temperatur dalam tubuh mereka sendiri, sebab kupu-kupu adalah hewan yang berdarah dingin. Apabila tubuh kupu-kupu kedinginan akibat suhu yang terlalu rendah, maka kupu-kupu tidak akan bisa terbang. Terlampu dingin juga akan membuat kupu-kupu mati. Suhu normal yang dibutuhkan kupu-kupu untuk bisa tebang adalah sekitar 30 derajat celcius.

  1. Kupu-kupu yang baru menetas tidak dapat terbang

Ketika masih berada dalam kepompong, kupu-kupu akan beristirahat sambil menunggu dirinya menetas menjadi kupu-kupu bersayap. Saat kupu-kupu baru menetas dari kepompongnya, ia tidak begitu saja langusng dapat terbang. Kedua sayapnya masih kusut, kecil dan ringkih. Perlu penyesuaian terlebih dahulu untuk selanjutnya kupu-kupu dapat terbang bebas di udara. Proses tersebut dapat berlangsung hingga beberapa jam sebelum akhirnya sayap mengeras dan menjadi kuat.

  1. Masa hidup kupu-kupu singkat

Kupu-kupu hanya mampu hidup selama dua sampai empat minggu saja. Pada kasus lain, ada kupu-kupu yang mampu hidup hingga usia 2 bulan, tergantung dari kondisi lingkungan dan spesies kupu-kupu tersebut. Sepanjang hidupnya menjadi kupu-kupu, serangga tersebut hanya fokus untuk mencari makan dan melakukan perkawinan saja. Kemudian kupu-kupu bertelur dan mati. Untuk kupu-kupu yang berukuran kecil malah hanya dapat hidup selama beberapa hari saja, semakin lebar sayap kupu-kupu, semakin lama pula masa hidupnya.

Baca Juga : Tujuh Spesies Kupu-kupu Terindah di Dunia

  1. Jarak pandang pendek

Kupu-kupu hanya mampu memandang sejauh 3 sampai 4 meter saja. serangga ini akan menggunakan matanya hanya untuk kegiatan vital saja seperti mencari makan dan melakukan perkawinan. Namun, selayaknya mata manusia, kupu-kupu dapat melihat rentang ultraviolet secara luas. Itulah sebabnya mengapa kupu-kupu terbang seolah bebas kesana kemari dan hinggap kesana kemari pula, jarak pandangnya yang pendekah yang membuatnya seperti itu.

  1. Banyak trik untuk bertahan dari predator

Kupu-kupu sering dimangsa oleh predator lain, posisinya berada pada tingkatan paling rendah dalam rantai makanan. salah satu hal yang dapat dilakukan kupu-kupu untuk menghidar dan aman dari predator adaah menyamarkan diri dengan lingkungannya.

Itulah tadi beberapa keunikan yang dimiliki kupu-kupu. Semoga info ini dapat menjadi bacaan ringan yang menyegarkan bagi pembaca. Beberapa spesies kupu-kupu saat ini mulai terancam punah akibat perubahan iklim dan pola kehidupan manusia yang tidak begitu memperdulikan alam. Sayangi alam agar mahluk hidup lain dapat hidup dengan seimbang pula. Amat sangat disayangkan apabila kupu-kupu pada masa depan hanya dapat dijumpai melalui gambar saja.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *