Ekowisata Kupu-Kupu Menjadi Pilihan Wisata Edukasi Keluarga

Ekowisata Kupu-Kupu Menjadi Pilihan Wisata Edukasi Keluarga
February 9, 2018 Same Gonzales 0 Comments

Buuterfly-world – Bali merupakan salah satu pulau kecil yang ada di Indonesia, pulau ini berdekatan dengan pulau Lombok dan Negara Australia. meskipun memiliki luas wilayah yang kecil, Bali memiliki kawasan hutan yang cukup luas, kaebanyakan spesies yang menghuni hutan Bali adalah spesies monyet dan ada sebagian burung transmigrasi dari negara Australia. ragam hayati di pulau Bali harus selalu dijaga, dengan semangat religiusitas dan solidaritas masyarakatnya yang masih kental, masyarakat Bali masih memiliki kepercayaan terhadap benda-benda yang dianggap memiliki roh.

Semua tumbuhan dan pepohonan di hutan juga memiliki roh sehingga mereka memiliki larangan keras untuk menebang pohon sembarangan. selain monyet dan burung, kupu-kupu juga merupakan spesies yang terkenal di pulau Bali. spesies kupu-kupu yang berhabitat di Bali berbeda dengan yang hidup di Jawa maupun pulau lainnya, entah itu dari segi ukuran, ciri fisik, habitat maupun makanannya. perbedaan ini menyebabkan kupu-kupu endemik pulau Bali terkenal hingga ke mancanegara.

kekayaan hayati Indonesia tidak ternilai harganya, Indonesia memiliki jumlah spesies kupu-kupu yang cukup banyak hampir sama dengan jumlah spesies kupu-kupu yang ada di Brazil yaitu 3000 spesies. spesies kupu-kupu di Indonesia berjumlah 2500 spesies yang tersebar di seluruh wilayah pulau di Indonesia, termasuk pulau-pulau utama yaitu Jawa, Bali, dan Sumatra. dianggap sebagai pulau-pulau utama, karena pulau inilah yang menjadi destinasi wisata dan ekonomi paling besar dibanding dengan pulau lainnya.

Indonesia dengan segala kekayaan alamnya patut disyukuri dan dijaga karena di negara lain tidak akan dijumpai kupu-kupu dengan spesies yang beragam. lebih tepatnya ini terjadi karena Indonesia memiliki iklim tropis, dimana kebanyakan spesies kupu-kupu memang hanya bisa bertahan dalam suhu yang hangat seperti di wilayah tropis. kupu-kupu memiliki sayap yang rentan dengan kerusakan, teksturnya kering dan rapuh, ia membutuhkan kelembaban tinggi namun tetap hangat untuk menjaga suhu tubuhnya. hutan hujan tropis yang banyak tersebar di Indonesia menjadi habitat utama dari kupu-kupu.

Ekowisata Kupu-Kupu Menjadi Pilihan Wisata Edukasi Keluarga

tingginya tingkat perburuan liar terhadap satwa-satwa Indonesia untuk dijual ke luar negeri menjadi perhatian besar warga dan pemerintah Bali, spesies yang ikut diperdagangkan secara ilegal adalah spesies kupu-kupu endemik Bali, untuk mencegah hal ini perlu upaya konservasi atau pelestarian. pemerintah memberlakukan upaya konservasi yang dilakukan di beberapa wilayah pulau Bali, sengaja melakukan konservasi di dalam hutan karena ini adalah habitat asli kupu-kupu sehingga akan lebih mudah untuk menjaga sifat alaminya.

Tidak hanya melakukan konservasi di hutan saja, beberapa tempat wisata di Bali juga membangun tempat penangkaran kupu-kupu yang dinamakan dengan ekowisata kupu-kupu, ekowisata ini merupakan upaya untuk mengembangbiakkan kupu-kupu, upaya konservasi dan tentu saja menjadi sarana wisata edukasi bagi keluarga. di tempat ini, anda dan keluarga bisa melihat secara langsung bagaimana kupu-kupu saat hidup di habitatnya, pengunjung ekowisata juga akan diajak untuk mempelajari fungsi bagian tubuh kupu-kupu.

Disini anda juga bisa melihat secara langsung jenis kupu-kupu langka yang ada di Indonesia bahkan di dunia yang sebagian telah diawetkan. tidak hanya itu, sebagai wisata edukasi tentu saja tujuan utama ekowisata ini untuk mengajak pengunjungnya ikut melestarikan kupu-kupu endemik Bali dan habitatnya. anda dan keluarga akan diberikan penjelasan khusus mengenai apa saja teknik penangkaran yang dilakukan untuk mencegah perdagangan kupu-kupu secara ilegal dan mencegah kepunahannya. cukup menarik bukan?